Search

Friday, November 25, 2016

Bolehkah Anak Kecil Fitness ?


Tubuh ideal memang banyak yang mengidamkan bahkan seorang anak kecilpun ingin memiliki juga. Zaman sekarang banyak disajikan tontonan / acara terutama di televisi yang menayangkan film-film semacam superhero dimana para aktor yang berperan, rata-rata memiliki tubuh yang keren. Film seperti ini kadang atau mungkin banyak juga ditunggu jadwal penayangannya oleh anak-anak kecil.


Hal yang seperti inilah yang menjadi salah satu faktor yang menjadikan anak kecilpun ingin memiliki tubuh yang ideal layaknya bintang film superhero idola mereka. Sampai-sampai ada juga anak-anak dibawah umur & remaja yang karena terobsesi memiliki tubuh atletis seperti  idola-nya, mereka ikut-ikutan fitness. Sebenarnya hal seperti ini bukanlah sesuatu yang negatif, justru mengarah ke hal positif yang bermanfaat. Tetapi malahan orang tuanya yang memiliki kekhawatiran bahwa jika anak-anaknya yang dianggap belum cukup umur tetapi sudah ikutan fitness, akan menghambat pertumbuhan anak-anak tersebut. Bahkan ada orang tua yang memiliki anggapan bahwa anak kecil belum boleh fitness karena akan menjadi pendek. Walaupun pendapat tersebut tidak benar, tetapi banyak orang yang beranggapan hal tersebut benar. Sehingga anak-anak yang ditanami hal seperti itu dipikirannya sekarang menjadi ragu untuk datang lagi ke Gym.

Hal seperti ini perlu kita luruskan dahulu, bahwa fitness di usia muda atau dikatakan belum cukup umur, sama sekali tidak menghambat pertumbuhan mereka. Banyak penelitian dari para ilmuwan yang menyimpulklan hal yang sama, yaitu dalam program latihan jangka panjang atau pendek, fitnes di usia belia sama sekali tidak menghambat pertumbuhan.
Sebenarnya seorang anak yang ingin berlatih atau mengikuti olahraga fitness, itu boleh-boleh saja. asalkan dilakukan dengan pengawasan dari orang tua, menggunakan beban yang sesuai dengan kekuatan sang anak, dan frekuensi latihan yang tidak terlalu membuat lelah. Olahraga fitness justru ikut menjaga kesehatan, daya tahan, stamina dan bentuk tubuh. Kebutuhan nutrisi tiap hari juga harus dilengkapi demi proses tumbuh kembang optimal sang anak, tetapi dari usia belia pun mereka harus dibiasakan mengkonsumsi menu yang sehat. Antara lain yang tinggi protein, cukup karbohidrat, rendah lemak, lengkap vitamin-mineral dan tentunya tinggi kalsium.

Jadi sekali lagi perlu diketahui bahwa meskipun usia masih muda & ingin memiliki tubuh ideal, berolah raga fitness dengan angkat beban boleh dilakukan asalkan dengan pengawasan serta porsi latihan yang sesuai. Dan program fitness sebenarnya sama sekali tidak mempengaruhi pertumbuhan, perkembangan, fleksibilitas atau kerja syaraf dari anak-anak tersebut.

Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment