Search

Monday, November 21, 2016

Mitos & Fakta Seputar Latihan Beban Ataupun Fitness


Banyak mitos-mitos yang beredar dikalangan masyarakat & meracuni mereka dengan hal-hal yang kurang benar. Berikut akan kami jelaskan tentang mitos & fakta seputar latihan beban atau fitness…


Mitos

Latihan beban dapat membuat wanita berotot seperti pria

Fakta

Wanita tidak bisa berotot seperti pria

  • Penjelasan :
Sekali lagi bahwa hormone pembentuk otot adalah testosterone. Hormon ini hanya dimiliki pria, walaupun sebenarnya wanita juga memilikinya tapi kadarnya sangat sedikit sekali sehingga wanita tidak mungkin bisa berotot layaknya pria, kecuali wanita ini memasukkan atau menyuntikkan hormone pria ke dalam tubuhnya.

Mitos

Untuk membakar lemak, hanya latihan aerobik saja.

Fakta

Aerobik + Latihan beban dapat membakar lemak

  • Penjelasan :
Bila kita ingin mendapatkan tubuh yang ideal melalui pembakaran lemak, gabungkanlah latihan aerobik anda dengan latihan angkat beban.

Mitos

Kalau mau langsing, harus mengurangi makan. Kalau perlu cukup 1x sehari

Fakta

Kalau mau langsing, makan harus tepat waktu & bisa lebih sering

  • Penjelasan :
Justru dengan lebih seringnya kita makan diimbangi olahraga akan meningkatkan metabolisme tubuh kita sehingga kadar lemak tubuh kita juga akan lebih menurun. Yang lebih penting lagi control asupan makanan kita.

Mitos

Sesudah jam 9 malam tidak boleh makan karena bisa menyebabkan gemuk

Fakta

Tidak ada larangan untuk makan, yang penting kalori seimbang

  • Penjelasan :
Jika anda merasa lapar diatas jam 9 malam, silahkan anda makan saja. Bahwa sebenarnya tidak ada larangan sama sekali untuk kita makan. Bisa kapan saja, asalkan kalori, lemak jenuh & jenis makanan yang kita makan haruslah terkontrol.

 Mitos

Minum air dingin dapat menyebabkan kegemukan

Fakta

Minum air dingin tidak menyebabkan gemuk

  • Penjelasan :
Suhu atau temperature tidak ada pengaruhnya dengan kegemukan. Justru air dingin membantu kita membakar kalori lebih banyak. Yang menyebabkan kita gemuk adalah kalori yang berlebihan.

Mitos

Setelah olahraga jangan makan

Fakta

Setelah olahraga harus makan

  • Penjelasan :
Sehabis kita berolahraga, justru harus makan karena makanan yang kita makan untuk mengganti tenaga & zat-zat ataupun vitamin yang sangat diperlukan tubuh pada saat pemulihan.

Mitos

Sit Up bisa mengecilkan perut

Fakta

Olahraga & pengaturan pola makan bisa mengecilkan perut

  • Penjelasan :
Sit Up adalah merupakan bagian dari aktivitas latihan beban. Latihan beban adalah merupakan aktivitas fitness atau olahraga. Untuk mendapatkan perut yang ideal haruslah menjalankan pola hidup sehat yang terdiri dari : olahraga atau fitness, pengaturan pola makan & istirahat yang cukup. Sehingga secara otomatis tubuh kita menjadi ideal & atletis. Perut kita juga pasti akan tampak rata.

Mitos

Diet itu mengurangi makan

Fakta

Diet itu mengatur pola makan

  • Penjelasan :
Sebenarnya diet itu adalah mengatur atau memanajemen pola makan kita. Yang semula makan apa saja asalkan kenyang, sekarang mulailah mengatur jadwal pola makan & mengatur asupan nilai gizi yang terkandung dalam makanan itu sendiri.

Mitos

Minum / makan suplemen pembakar lemak dapat menggantikan olahraga

Fakta

Suplemen pembakar lemak tidak bisa menggantikan olahraga

  • Penjelasan :
Untuk membakar lemak dalam tubuh, harus tetap berolahraga. Karena olahraga adalah tindakan proaktif yang harus kita jalani. Perlu anda ketahui bahwa otot dalam tubuh kita adalah mesin pembakar lemak. Jika kita sering menggerakkan tubuh kita atau otot-otot kita bekerja itu adalah tindakan untuk membakar lemak.

Mitos

Olahraga itu merepotkan karena memakan waktu lama

Fakta

Olahraga cukup 3x seminggu masing-masing 1 jam

  • Penjelasan :
Olahraga tidak harus lama, cukup 30-60 menit dalam 1 hari. Bisa anda jalankan sebanyak 3x saja dalam 1 minggu. Kami yakin bahwa itu tidak banyak menyita waktu anda. Sesibuk anda, luangkanlah waktu untuk berolahraga
Itulah beberapa Mitos & Fakta yang sering kita jumpai di sekitar kita. Semoga sedikit penjelasan diatas dapat membuka pikiran kita & menambah wawasan kita untuk tetap menjaga pola hidup sehat.
Semoga bermanfaat……

No comments:

Post a Comment