Search

Friday, November 25, 2016

Diet Bodybuilding Yang Tepat & Penting


Saat menjalankan program bodybuilding, faktor diet menjadi sangat penting dalam menentukan tercapai atau tidaknya program. Latihan keras tidak akan ada hasil dan manfaatnya jika tidak ditunjang diet bodybuilding yang benar. Program bodybuilder yang baik dan ideal adalah yang dilakukan secara alami.






Otot yang dibentuk secara alami akan bertahan lebih lama bentuk dan kekuatannya. Berbeda jauh dengan otot yang dibentuk dengan bantuan steroid misalnya, hasil yang diperoleh memang lebih cepat tapi sifatnya sementara. Seiring dengan berkurangnya kandungan steroid dalam tubuh, masa otot akan ikut berkurang. Bentuk otot akan mengendur dan berubah menjadi timbunan lemak.
Pentingnya Diet
Kualitas diet sangat penting karena merupakan bahan bakar utama bagi tubuh untuk melakukan latihan yang keras. Asupan makanan yang dikonsumsi adalah makanan alami padat gizi. Dengan diet yang baik, sangat mungkin Anda tidak memerlukan bantuan suplemen maupun obat-obatan yang mayoritas mengandung bahan-bahan tidak alami. Selain itu, tubuh yang terbentuk pun lebih sehat dan lebih bugar. Kesehatan tentunya jauh lebih penting dari sekedar penampilan luar yang tidak ditunjang kesehatan.



Variasi diet sangatlah beragam, tergantung dari kondisi tubuh serta jenis latihan yang sedang dilakukan. Jumlah rata-rata kalori pada bodybuilder pria adalah 2.500 – 5.000 per hari. Sedangkan pada bodybuilder wanita jumlah rata-rata kalori yang diperlukan adalah 1.500 – 3.000 per hari. Komposisi gizi diet harian bisa berubah, disesuaikan dengan target latihan. Misalnya saat menjalankan fase bulking, Anda akan memerlukan karbohidrat lebih banyak dari saat fase cutting.
Pada fase cutting, karbohidrat dikurangi untuk mengurangi lemak, dan lebih memperbanyak asupan protein. Konsumsi suplemen juga bervariasi, disesuaikan dengan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk sesi latihan yang berbeda-beda.
Untuk mengetahui komposisi diet seperti apa yang sedang diperlukan, sebaiknya konsultasikan dengan instruktur fitnes Anda. Sesuaikan jenis diet dengan jenis latihan yang sedang ditempuh. Kesalahan memilih diet, akan menyebabkan target latihan sulit dicapai atau berjalan lebih lama. Hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan harapan.
3 Unsur Penting
Meskipun komposisi diet bodybuilding sangatlah variatif, namun bisa dipastikan semuanya harus mengandung tiga unsur utama yang sangat penting, yaitu karbohidrat, protein, dan lemak. Ketiga unsur penting ini selalu ada dalam setiap program diet tapi kadarnya berbeda-beda.
Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Kadarnya diperlukan lebih tinggi saat latihan high-volume weight training, aerobic training, serta saat recovery. Ada dua jenis karbohidrat, yaitu karbohidrat kompleks dan karbohidrat simple. Kedua jenis karbohidrat tersebut sama-sama diperlukan selama latihan bodybuilding.



Karbohidrat kompleks mengandung sedikitnya tiga macam gula sehingga bisa memberikan energi lebih besar dan lebih lama. Misalnya roti gandum dan sereal. Sebaliknya, karbohidrat simple mengandung satu atau dua macam gula, sehingga tidak bisa bertahan lama dalam menyediakan energi. Misalnya buah-buahan dan minuman olahraga.
Protein merupakan bahan bakar utama pembangun otot. Protein digunakan oleh tubuh untuk memperbaiki jaringan otot yang rusak akibat latihan dan membangun jaringan otot yang baru. Tubuh yang kebutuhan proteinnya tercukupi akan lebih mudah dan lebih cepat membangun massa otot. Artinya, proses bodybuilding bisa berjalan lancar sesuai target.
Bodybuilder memerlukan lemak untuk menjaga metabolisme tubuh tetap sehat. Jenis lemak dan kadarnyalah yang harus diperhatikan. Lemak yang diperlukan dalam diet bodybuilding adalah lemak baik semacam lemak monounsaturated dan polyunsaturated. Lemak jenis ini bisa diperoleh dari alpukat, ikan, dan kacang-kacangan.

Selamat mencoba .........

No comments:

Post a Comment