Search

Friday, November 25, 2016

Fitness Adalah Sebagian Dari Iman


Manusia terdiri dari jiwa dan raga, oleh karena itu menjaga raga (tubuh) merupakan suatu keharusan. & merupakan sebagian dari iman. Dengan tubuh yang bugar, kita dapat melakukan aktivitas yang melibatkan kegiatan secara fisik dan mental. Secara fisik yaitu yang berhubungan dengan tubuh, sedangkan secara mental yaitu yang berhubungan dengan keimanan atau Sang pencipta.



Berolahraga adalah salah satu hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga tubuh tetap bugar. Dari bentuk olahraga yang dapat kita lakukan salah satunya adalah fitness. Didalam dunia fitness sendiri ada beberapa hal yaitu latihan (fisik), menjaga pola makan & istirahat.

Latihan adalah bentuk secara fisik dalam menjaga kesehatan tubuh. Dengan melakukan aktivitas olah tubuh (fitness) maka otot-otot tubuh kita menjadi lebih kuat & sehat. Dan akan membentuk antibody secara alami sehingga tubuh kita akan lebih kebal terhadap penyakit.

Menjaga kesehatan seperti menjaga pola makan dengan menu yang seimbang,  makan dan minum yang bergizi, menghindari segala sesuatu yang dapat merugikan atau merusak kesehatan tubuh dan menjaga kebersihan akan menghasilkan sehat. Menjaga pola makan seperti halnya diet, yang merupakan sebagian contoh kecil dari bentuk puasa.

Istirahat adalah salah satu dari bagian aktivitas fitness. Dengan istirahat maka tubuh kita akan menjadi lebih terasa segar & fresh kembali. Otak & pikiran akan mejadi lebih tajam. Konsentrasi kita menjadi lebih terarah & fokus.
Sebagaimana konsep sederhana yang telah dipaparkan di atas, maka fitness adalah salah satu bentuk dari tindakan yang dapat kita lakukan untuk menjaga & merawat tubuh tetap sehat. Sudah kewajiban kita untuk menjaga tiap-tiap anugrah yang telah dilimpahkan kepada kita termasuk juga kesehatan. Menjaga kesahatan artinya tidak merusaknya, menjaganya dari semua yang dapat merusak baik secara perlahan atau cepat. Tidak mengkonsumsi makanan yang tidak baik bagi tubuh alias makanan yang diharamkan & juga merupakan usaha menjaga kesehatan. Karena pada intinya makanan tersebut diharamkan adalah karena membahayakan bagi kesehatan.
Dari pemaparan diatas dapat kita simpulkan bahwa Fitness Adalah Sebagian Dari Iman. Karena fitness merupakan bentuk dari usaha kita menjaga kesehatan.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment