Search

Wednesday, November 23, 2016

Manfaat Kacang Merah

kcg merah


Kacang merah merupakan salah satu makanan yang tinggi serat. Selain berguna untuk menurunkan kadar kolesterol darah, serat tersebut juga membuat makanan lebih lama dicerna oleh tubuh dan memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga aman bagi penderita diabetes.


Dalam pengolahannya, biasanya jenis makanan ini digunakan untuk membuat sup. Namun baru-baru ini kacang merah sering digunakan sebagai bahan utama maupun campuran pembuatan es buah. Selain rasanya enak, kacang merah juga memiliki nilai gizi yang tinggi untuk orang yang melakukan aktivitas fitness.
Kacang merah sangat kaya akan kandungan asam folat, kalsium, karbohidrat dan berprotein tinggi. Karbohidrat kompleks dan kadar serat yang tinggi menyebabkan penurunan kolesterol dalam tubuh.

Kacang merah juga kaya antioksidan, bahkan melebihi kandungan antioksidan pada blueberry, cranberry dan ceri. Antioksidan ini berguna untuk menjaga fungsi sel-sel, yang berkaitan terhadap kerusakan akibat radikal bebas. Sebagai sumber vitamin B, kacang merah sangat baik untuk mencegah kepikuran seperti Alzheimer.

Kandungan serat (fiber) dan vitamin B terutama B6, asam folat, besi, mangan, thiamin dan protein berasal dari kacang merah. Sekitar 9 gr protein dicukupkan oleh kacang merah yang seimbang dengan 17% angka kecukupan protein sehari.

Dengan tingginya kadar protein tersebut, tentu kacang merah menjadi salah satu makanan yang sangat disarankan bagi anda yang fitness dan ingin membentuk otot.

Demikianlah Manfaat Kacang Merah.

Semoga bermanfaat...


No comments:

Post a Comment