Search

Monday, November 21, 2016

Manfaat Lemak Saat Fitness



Banyak orang yang menghindari lemak dengan tujuan untuk mempercepat dalam proses pembentukan tubuh ideal, namun anggapan itu tidak benar 100%. Sebaiknya kita memahami definisi secara umum terlebih dahulu tentang lemak, supaya ke depannya bisa mengelola asupan lemak yang ideal demi mencapai target optimal dalam program latihan fitness.


Manfaat lemak dalam fitness seringkali dikesampingkan karena banyaknya persepsi bahwa lemak hanya akan menghambat proses pembentukan tubuh. Padahal, sebenarnya lemak selalu menjadi bagian penting dari proses pembentukan energi untuk bisa melakukan aktivitas sehari-hari.  Sebab ada tipe lemak yang memang sangat menghambat bahkan cenderung berbahaya bagi kesehatan tubuh. Apalagi hampir tidak ada peran berarti dalam proses metabolisme. Tapi fungsinya sangat penting sebagai cadangan energi.
Fungsi Lemak
Manfaat lemak dalam fitness yaitu selain sebagai cadangan energi, lemak sangat penting sebagai tumpuan dari organ-organ tubuh. Misalnya pada lekukan siku, kaki, mata, ginjal dan sebagainya. Fungsi lainnya ialah melindungi tubuh dari suhu dingin sehingga bisa menghangatkan secara alami. Khusus untuk perempuan, lemak juga berperan penting dalam membentuk struktur tubuh feminim misalnya pada dada, bahu, pinggul dan pantat. Sebagai zat yang terbentuk dari oksigen, hydrogen dan beberapa elemen karbon, lemak hanya bisa dilarutkan oleh zat tertentu. Dan lemak bisa berbentuk cair atau padat tergantung dari kategori titik lebur.
Sumber Makanan Yang Mengandung Lemak
Lalu dari mana saja kita bisa mendapatkan lemak? Ada yang bisa kita peroleh dari sumber makanan seperti daging dan tumbuhan. Keduanya sekaligus membedakan jenis lemak yang terbagi dalam dua, yaitu lemak hewani dan nabati. Khusus untuk lemak hewani, beberapa tipe makanan yang sesuai antara lain adalah susu, telur dan ikan. Untuk lemak nabati, kita bisa memperolehnya dari biji-bijian, kacang-kacangan dan alpokat. Lemak nabati lebih sering berbentuk minyak atau cairan. Kategori ini juga bisa disebut sebagai lemak tak jenuh dan memiliki kerendahan titik cair. Sementara itu, lemak hewani lebih sering berbentuk padat dan tingkat ketinggian rantai karbon. Lazimnya sering disebut gajih dan lemak yang kita pahami secara awam.
Nah, bagaimanakah kebutuhan lemak untuk fitness? Manfaat lemak untuk fitness sangat penting dalam memicu energi sehingga bisa mempercepat proses metabolisme. Semakin banyak lemak yang dibakar, massa otot juga semakin menguat selama ditunjang oleh asupan protein ideal. Makanya, disarankan bagi fitness mania yang ingin membentuk badan atletis supaya tidak mengabaikan konsumsi lemak meskipun dalam tahapan wajar. Artinya, anda bisa terlebih dahulu mengukur tinggi dan berat badan sekarang dan kemudian disesuaikan pada target tertentu. Jadi, tidak ada yang terlalu berlebihan atau kekurangan. Nantinya, proses metabolisme bisa diseimbangkan dengan asupan suplemen protein demi mengembangkan massa otot. Metode pembentukan badan dengan menyeimbangkan lemak dan protein adalah cara praktis dalam pembentukan tubuh ideal.
Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment